Home » » khasiat sirsak untuk kesehatan tubuh

khasiat sirsak untuk kesehatan tubuh

 Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.
Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).
Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain.

Berikut rangkuman manfaat sirsak untuk kesehatan:

  • Mengobati bisul mulut secara efektif. Menumbuk halus daun dengan air dan menerapkannya pada mendidih akan membantu mengurangi ukuran borok, dalam waktu menyembuhkan mereka benar-benar dan juga mengurangi iritasi.
  • Pulp yang dibuat dengan daun sirsak segar dan air mawar jika diterapkan pada kulit akan mencegah terjadinya jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya.
  • Rebusan bunga sirsak dan tunas muda akan membantu menyembuhkan peradangan pada sinus dan juga di tenggorokan dan hidung. Hal ini juga membantu dalam sekresi lendir untuk mengurangi iritasi.
  • Untuk pencegahan kanker rutinlah mengkonsumsi buah sirsak, sedangkan pengobatan kanker  dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua  ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Diminum 2 kali sehari.
  • Sebagai obat ambeien, buah sirsak yang sudah mask diperas airnya sebanyak 1 gelas, diminum pagi dan sore hari setiap hari.
  • Buah sirsak setengah masak rebus bersama gula dan garam secukupnya, bisa mengobati  sakit kandung kemih dengan rutin mengkonsumsinya selama 1 minggu.
  • Buah sirsak yang matang diperas dan disaring kemudian diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok.
  • Obat bisul, ambil daun sirsak yang muda, tempelkan pada bisul

0 komentar:

Posting Komentar