Home » » manfaat dan kandungan buah alpukat

manfaat dan kandungan buah alpukat

Pohon alpukat pada mulanya banyak ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan, namun kemudian mulai ditanam di pekarangan rumah yang lapisan tananhnya gembur dan subur serta tidak tergenang air.
Walau dapat berbuah di dataran rendah, tapi pohon alpukat baik bila ditanam pada ketinggian 200 hingga 1.000 m di atas permukaan laut (dpl), di daerah tropik dari subtropik yang banyak curah hujannya.
Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit. Sementara daging buahnya yang matang bisa dikonsumsi sebagai  campuran es buah atau untuk masakan.
Alpukat  memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C.
Vitamin E dan Vitamin A pada alpukat sangat baik untuk kulit, yaitu dapat menghaluskan kulit; menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar. Sementara potasium (kalium) dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Alpukat juga dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung karena alpukat mengandung lemak nabati tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah (LDL). Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
Sementara itu, kandungan Asam Oleat dalam alpukat dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh yang antara lain karena polusi udara. Sementara bagi kamu yang sering mengalami PMS (pre menstruasi syndrom) alpukat juga baik dikonsumsi oleh kamu, karena kandungan Vitamin B6 dalam alpukat bisa meredakan syndrom menstruasi kamu. Yang sering mengalami gejala anemia juga sebaiknya sering-sering mengkonsumsi alpukat karena zat besi dan tembaga dalam alpukat bisa membantu proses regenerasi darah dalam tubuh, sehingga membantu kamu yang mengalami anemia segar/sehat kembali.

0 komentar:

Posting Komentar